SOP Perkeleng

YAK/PARPEM GBKP | Kamis, 03 November 2016 - 09:37:59 WIB | dibaca: 339 pembaca

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SERTA JOB DESCRIPTION

RAT :

1.      Membahas dan mensahkan laporan pengurus dan badan pengawas

2.      Mensahkan rencana kerja dan RAPEN RAPEL yang diajukan pengurus

3.      Mendiskusikan bila ada perubahan AD/ART dan mensahkannya.

4.      Memilih pengurus   dan pengawas sesuai  AD/ART

5.      Pembagian SHU.

6.      Pengambungan,peleburan,pembagian dan pembubaran anggota.

 

PENASEHAT/PEMBINA :

  1. Melakukan Pembinaan kepada Perkeleng.
  2. Memediasi Perkeleng apabila ada terjadi persoalan ditingkat internal
  3. Melantik pengurus dan pengawas

 

PENGAWAS :

  1. Melakukan pengawasan  sesuai dengan AD/ART
  2. Memberikan solusi apabila ada temuan-temuan yang harus diperbaiki.
  3. Membuat laporan hasil pengawasan untuk diberikan kepada pengurus dan rapat anggota

 

PENGURUS:

  1. Melakukan fungsi kepengurusan sesuai dengan AD/ART
  2. Melakukan PME (Planning Monitoring Evaluation) terhadap organisasi dan pelaksana
  3. Mewakili lembaga untuk bertransaksi di bank.
  4. Membuat laporan pertanggung jawaban untuk dibawa kerapat anggota.
  5. Membuat  dan menetapkan kebijakan pengurus yang tidak bertentangan dengan AD/ART.
  6. Mengangkat dan memberhentikan manager dengan mempedomani AD/ART.
  7. Membangun jaringan dengan lembaga lain, pemerintah untuk mengembangkan Perkeleng.
  8. Melakukan pengambi alihan barang jaminan setelah melalui proses peringatan tertulis
  9. Mencari dan menganalisis sumber-sumber dana dan mengalokasikan penggunaannya

 

MANAGER:

1.      Mengelola Perkeleng sesuai dengan AD/ART.

2.      Mengangkat dan memberhentikan karyawan bekerjasama dengan pengurus.

3.      Membuat dan menyampaikan laporan kegiatan kepada pengurus

4.      Menganalisi kondisi keuangan dan menyampaikannya kepada pengurus minimal 1 x 3 bulan

5.      Membuat  dan mengajukan RAPEN/RABEL dan Rencana Kerja Tahunan kepada pengurus dan Rapat Anggota.

6.      Mengimplementasikan program kerja sesuai dengan hasil rapat anggota.

7.      Mengkordinir kegiatan yang meliputi pembagian tugas karyawan, kas harian, konsultasi

Pinjaman.

8.      Melakukan MONEV (Monitoring Dan Evaluasi)  dan pencapaian program kerja.

9.      Bersama bendahara melakukan penarikan uang dari Bank dan transfer ke cu anggota.

 

 

 

 

 

KEUANGAN:

1.      Bertanggungjawab atas pengelolaan, pengamanan dan predaran uang kas setiap hari kerja, menjaga kerahasiaan dan keakuratan data keuangan serta menyelenggarakan kegiatan. adminitrasi keuangan.

2.      Mengisi/membuat  buku kas harian.

3.      Mendistribusikan uang kas kepada bidang-bidang.

4.      Berkoordinasi dengan seluruh bidang-bidang untuk menjaga likuiditas keuangan.

5.      Mengatur belanja dan pengeluaran kantor sesuai dengan program kerja dan keperluan organisasi.

6.      Menutup buku dan menyusun neraca harian

7.       Membuat dan mencetak laporan keuangan setiap bulan selambat-lambatnya tgl 10 setiap bulannya dan ditandatangani oleh Maneger dan Bendahara.

8.      Memastikan uang yang ditransaksikan tidak palsu.

9.      Melakukan koreksi pembukuan yang dilakukan  bidang lain

10.  Mengarsipkan  bukti-bukti transaksi keuangan.

11.  Memastikan bukti-bukti transaksi sah dan benar.

12.  Melaksanakan tugas-tugas lain yang diintruksikan oleh manager.

Adminitrasi & Sosial:

1.      Bertanggungjawab atas penyelenggaraan kegiatan adminitrasi.

2.      Membuat perangkat adminitrasi antara lain :

-          Slip um, uk

-          Surat permohonan, perjanjian pinjaman

-          Surat kematian

-          Buku simpanan, pinjaman

-          Surat lainnya

3.      Drop poin E.

4.      Bekerjasama dengan petugas lapangan untuk menyampaikan santunan ( sosial, premi simpan dan pinjam.

5.      Membuat analisa dan laporan penyaluran dana sosial setiap bulan

6.      Melaksanakan tugas-tugas lain yang diintruksikan oleh manager.

 

KREDIT (STAF BARU) :

1.      Melayani permohonan pinjaman.

2.      Menganalisa permohonan pinjaman.

3.      Survei kelayakan agunan.

4.      Memutuskan permohonan pinjaman bersama dengan manager

5.      Membuat analisa dan laporan pencapaian target kredit setiap bulan

6.      Membuat daftar tunggakan  kredit bermasalah dan melakukan penagihan bersama PL.

7.      Membuat dan mengarsipkan segala surat-surat yang berhubungan dengan perkreditan.

8.      Meyimpan dan mengamankan surat - surat  berharga yang berhubungan dengan kredit.

9.      Melaksanakan tugas-tugas lain yang diintruksikan oleh manager.

USAHA (STAF BARU):

1.      Mencari peluang-peluang usaha

2.      Membuat analisa usaha bersama dengan manager dan pengurus

3.      Membangun jaringan

4.      Mengelola usaha

5.      Membuat laporan pertanggungjawaban usaha setiap bulan

6.      Melaksanakan tugas-tugas lain yang diintruksikan oleh manager

 

 

PETUGAS LAPANGAN :

  1. Memberi informasi dan konsultasi yang diperlukan oleh anggota.
  2. Melengkapi data base anggota dan calon anggota.
  3. Mengingatkan anggota dalam melakukan segala transaksi baik kewajiban ataupun hak sesuai dengan SOP PERKELENG.
  4. Bersama dengan bidang kredit melakukan analisa permohonan kredit dan penyelesaian kredit macet.
  5. Bekerjasama dengan Bidang Administrasi dan Sosial untuk menyampaikan santunan (sosial, premi simpan dan pinjam)
  6. Bertanggungjawab atas penyampaian informasi transaksi keuangan kepada Bidang Keuangan.
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diintruksikan oleh manager

 

ANGGOTA :

Melaksanakan hak dan kewajiban anggota sesuai dengan AD/ART

 

INDIKATOR CU SEHAT

1.      Aspek Managemen pengelolaan :

1.1  Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan tepat waktu

1.2  Ada AD/ART, sturktur organisasi, job description, SOP

1.3  Ada Renca kerja

 

2.      Aspek Permodalan :

Rasio modal sendiri =    Total Modal sendiri x 100 %

                                                  Total asset

Sehat 40 s/d 60 %

 

3.      Askep kualitas aktiva produktif

Resiko pinjaman bermasalah          =   Total kredit bermasalahx 100 %

                                                                        Total pinjaman

Sehat lebih kecil atau sama dengan 5 %

Kredit bermasalah :

·         Kurang lancar à menunggak tunggakan pokok dan / atau tunggakan bunga lebih dari 3 kali angsuran sampai 6 kali angsuran.

·         Ragu-ragu à menunggak tunggakan pokok dan / atau tunggakan bunga lebih dari 6 kali angsuran sampai 12 kali angsuran

·         Macet à menunggak tunggakan pokok dan / atau tunggakan bunga lebih dari 12 kali angsuran. (diambil dari mana?)

 

4.      Rentabilitas asset

Rentabilitas asset      =                SHU sebelum Pajak           x 100 %

                                                Rata-rata total asset 1 tahun

            Sehat lebih besar atau sama dengan 10 %

 

 


 

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)

 

I.                    Pengelolaan Perkreditan :

A.      Prosedur Pengajuan Kredit

1.       Calon Debitur dan Petugas Lapangan berkonsultasi tentang pengajuan kredit, kemudian secara bersama-sama membuat permohonan pinjaman

2.       Petugas Lapangan menyerahkan berkas permohonan pinjaman kepada Bidang Kredit setelah melakukan analisa awal.

3.       Bidang Kredit melakukan Survey Data Debitur

4.       Nilai agunan diperhitungkan sesuai harga pasar umum dan maksimum kredit yang diberikan 75 % dari nilai agunan.

5.       Bidang Kredit melakukan analisa kelayakan atas permohonan pinjaman

6.       Membuat berita acara hasil analisa kelayakan kredit

7.       Bersama dengan manager memutuskan persetujuan atau penolakan atas permohonan kredit.

 

B.      Prosedur Pencairan Kredit

1.       Melengkapi surat perjanjian kredit

2.       Surat perjanjian ditandatangani oleh Debitur (Suami - Istri untuk Debitur Perorangan, Ketua dan Bendahara atau Sekretaris untuk Debitur atas nama kelompok) dan Manager.

3.       Penandatangan Surat Perjanjian dan pencairan kredit untuk Debitur Perorangan harus dilaksanakan di kantor Perkeleng.

4.       Pencairan kredit dapat dicairkan hanya apabila berkas kredit sudah lengkap dan  ditandatangani

5.       Bidang Keuangan mencairkan kredit setelah menerima kwitansi pencairan kredit yang sudah difiat oleh Manager.

 

C.       Prosedur Angsuran

1.       Pembayaran angsuran pokok dan bunga secara langsung ke Kantor Perkeleng, dihitung oleh Bidang Kredit dan disetor kepada Bidang Keuangan.

2.       Pembayaran angsuran pokok dan bunga melalui transfer bank dihitung dan dicatat oleh Bidang Keuangan setelah ada informasi dari Debitur.