Sasaran

YAK/PARPEM GBKP | Selasa, 28 Februari 2017 - 15:47:19 WIB | dibaca: 132 pembaca

1.      Kelompok Credit Union (CU):

172 kelompok CU berada di 8 Kabupaten/Kota yaitu: Kabupaten Deliserdang, Karo, Dairi, Langkat, Simalungun, Serdang Bedagai, Kodya Medan dan Binjai. Mayoritas anggota kelompok adalah masyarakat suku Karo, namun tetap terbuka bagi etnis lain. Status sosial masyarakat berpendidikan SLTP/SMU dengan pendapatan di bawah Rp. 2 juta/bulan, berakar dalam ikatan adat dan budaya Karo, yang cenderung konsumtif. Kelompok berbasis masyarakat dengan ikatan pemersatu desa dan atau gereja lokal. Kepengurusan diangkat dari-oleh dan untuk anggota dengan transisi kepemimpinan berganti setiap 3 tahun. Diadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) setiap tahun untuk PME organisasi dan pertanggungjawaban pengurus kepada seluruh anggota. Modal yang berputar di tingkat lokal desa adalah sepenuhnya milik anggota CU.

2.    Jumlah PSK yang didampingi ada 21 orang (Di Sembahe 10 dan di Bandar Baru 11 orang).

3.  Orang dengan HIV/AIDS hingga saat ada 11 orang yang menjadi dampingan YAK GBKP. Jumlah ini setiap tahunnya terus meningkat dengan penyebaran yang semakin merata di setiap desa.

4.   Organisasi masyarakat yang telah memiliki sarana air minum 11 desa terdiri dari 1331 kepala keluarga dan Pembangkit Listrik Micro Hydro (PLTMH)  18 desa terdiri dari 1360 kepala keluarga yang berada di 5 kecamatan dan 5 kabupaten. Selama ini desa tersebut sudah menjadi target pelaksanaan program dalam pelestarian lingkungan dan menjaga stabilitas debit air dalam mendukung program MHP dan SAM.