berita

YAYASAN ATE KELENG SELENGGARAKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK KELOMPOK DAMPINGAN

YAK/PARPEM GBKP | Kamis, 01 Desember 2016 - 09:50:32 WIB | dibaca: 691 pembaca

YAKGBKP-PARPEM.OR.ID-SUKAMAKMUR, Yayasan Ate Keleng menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan untuk Kelompok Dampingan. Pelaksanaan ini dilaksanakan dari tanggal 29 dan 30 November 2016. Adapun kegiatan yang dilakukan pada hari pertama ialah Pelatihan oleh narasumber dan pada hari kedua nanti akan dialakukan studi visit di dua daerah yaitu di desa buluh awar dan kutalimbaru. Sesuai dengan Visi Yayasan Ate Keleng dalam pengembangan ekonomi kelompok dampingan. Dalam mewujudkan visi tersebut terdapat misi “Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Daerah”.

Sejalan dengan hal tersebut Yayasan Ate Keleng mengambil langkah dalam peningkatan peranan kelompok dampingan sebagai pengusaha dan petani yang profesional. Kecamatan Sibolangit merupakan salah satu lokasi petani aren. Sangat banyak tanaman aren di Desa sekitar Kec Sibolangit tetapi belum banyak petani yang mengolahnya menjadi olahan-olahan untuk dijadikan produk unggulan daerah. Padahal sangat banyak pilihan untuk mengolah Aren tersebut bisa menjadi Gula semut, Gula Cair, Gula Kelapa, dan Olahan makanan lainnya. Olahan tersebut berpotensi dijadikan makanan khas daerah apalagi daerah sibolangit sampai tanah karo adalah kawasan wisata.

Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan para kelompok dampingan dapat meningkatkan peranannya dalam pengembangan dan manajemen usaha kearah profesional. Untuk petani diharapkan tidak sekedar menjual hasil panen tetapi hasil panen tersebut dapat diolah sendiri menjadi olahan yang mempunyai nilai tambah. Untuk pengusaha juga diharapkan agar lebih mengembangkan usahanya dalam hal kualitas produk dan pengemasan serta pemasaran.

Pada kesempatan ini menjadi ruang tersendiri bagi peserta untuk meningkatkan akses usaha mikro kecil untuk produksi dan produktivitas unggulan dan dapat mengoptimalkan kapasistas industri rumahan serta mengembangkan potensi lokal di daerah. Desa Buluh Awar, Basukum, Laja, Durin Serugun, Ujung Deleng, Martelu, Cingkam, Ketaren, dan Sibolangit. Bapak Bachtiar Manik Kepala Bidang Perindustrian Kabupaten Deli Serdang dan Pak Muhdi Salah satu pengusaha keripik singkong sukses yang menjadi narasumber sedang memberikan sambutan sekaligus memberikan seminar pelatihan kewirausahaan.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)