berita

Seminar dan Pelatihan Perempuan Dalam Politik di Buluhawar

YAK/PARPEM GBKP | Rabu, 16 November 2016 - 15:59:05 WIB | dibaca: 732 pembaca

YAKGBKP-PARPEM.OR.ID-BULUHAWAR, Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain: politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles). Didalam bingkai kehidupan sosial dan politik masyarakat Indonesia secara umum memberikan ruang yang luas dan ramah bagi kaum perempuan untuk berkiprah dalam politik, termasuk menjadi pemimpin. Yayasan Ate Keleng GBKP mengadakan seminar dan Pelatihan Perempuan Dalam Politik Senin (16/11/2016) di buluhawar untuk membahas peningkatan sumber daya manusia kaum perempuan.

Ketua Advokasi YAK, Lesamawati Perangin-angin, mengatakan apa saja yang sudah dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia kaum perempuan ? Apakah hanya perempuan saja yang terlibat atau adanya keterlibatan laki-laki.

Adapun sumber daya manusia kaum perempuan yang telah terlaksana sejauh ini dan hasilnya berikut :

01. Simpan pinjam perempuan modal bertambah karena dapat dipinjamkan kepada anggota.

02. Membuat minyak urut, sembur, tawar ( belum diperjual belikan) untuk kesehatan keluarga

03. UP2 K PKK modal bertambah

04. Gotong royong lingkungan bersih

05. Membuat kue ( bolu talas ) menambah pengetahuan, persiapan untuk dijual

06. Kursus menjahit bertambah pengetahuan dan ekonomi rumah tangga.

07. Isu kesehatan yang ada saat ini : Posyandu

Timo Dahlia Daulay mengatakan Mengapa kita lakukan musrenbangdes? Pembangunan adalah untuk membawa peran kita sangat penting (suara kita sangat menentukan, biasanya dilakukan setiap bulan januari). Untuk itu sebelum musrenbang kita harus mendata apa kebutuhan anak dan perempuan apa potensi kita (apa masalahnya, apa swadaya kita, apa yang bisa kita kerjakan dengan pihak lain). Pertanyaan dari peserta untuk peserta bertanya mengapa kita tetap bertahan disini ? Jawabannya karena ini sebagai tanah kelahiran, dan karena disini mendukung adanya kehidupan. Dan dijelaskan bahwa yang terlibat dalam musrenbangdes adalah semua tanpa memandang gender dan tingkat usia (Laki-laki, perempuan, anak-anak, lansia dan remaja).

Di desa Buluh awar sudah ada fasilitas Puskesdes namun tidak ada dokter tetapi ada bidan yang hadir 3 kali dalam seminggu. Untuk fasilitas air di desa sukamaju juga sudah mulai masuk kerumah-rumah warga. Kartini dari CU Rumah pil-pil mengatakan air yang didapat dari sungai yang telah dipipakan yang dibuat dari pembangunan desa walaupun belum mencukupi. Untuk fasilitas pendidikan TK sudah ada di Buluhawar yang dibuat oleh Yayasan Kristen. Di rumah pil-pil belum mempunyai TK dan SD jadi anak-anak sekolah ke desa sukamakmur. Desa Ketangkuhen juga belum ada SD (1 km menuju sekolah melewati hutan)

Hal tersebut semua perlu dilist dan diprioritaskan dengan (nelihat dampak negatifnya) untuk dibawa ke musrenbangdes. Untuk keperluan air misalnya itu adalah kebutuhan kaum perempuan sebab mengambil air adalah urusan ibu rumah tangga. Kondisi kamar mandi untuk ibu hamil sangat dibutuhkan yang lebih aman baik lampu, jalan menuju kamar mandi ini juga harus menjadi perhatian kita.

Kebutuhan untuk perempuan masih dalam perencanaan dan belum dilaksanakan, usulan kami sebelumnya adalah untuk merias diri (membuat sanggulan dan tudung untuk acara pesta-pesta dan natal). Yang sudah terlaksana adalah kursus menjahit ada 15 orang dan itu sudah dijadikan sebagai mata pencaharian. (Pungkas Perwakilan CU Sibolangit). Saran Timo Daulay penampilan cantik memang perlu, tapi yang menjadi prioritas adalah sehat. Untuk keberhasilan maka harus berbagi ada yang jadi tukang jahit dan ada yang menjadi tukang rias.

Kartini (Rumah Pil-pil) mengatakan desa kami sudah ada kelompok lansia di Rumah pil-pil. Ada 65 orang , yang diperiksa kesehatan gigi, tensi dll. Dalam membuat daftar kebutuhan tersebut maka harus dibuat tim yang menulisnya berapa jumlah anggota, jumlah harta. Misalnya humus dihutan harus dibuat pengelolaanya sehingga humus tidak habis dengan adanya pecatatan kebutuhan.

Leleh (Cu karona Rumah pil-pil) dalam penuturannya mengatakan saya pernah diundang untuk hadir mengikuti pertemuan sebagai utusan perempuan, saya melihat tidak ada anggaran yang disisihkan untuk perempuan sebab perempuan dibawah program PKK sementara anggaran di PKK sangat terbatas. Lesmawati menjawab untuk musrenbang tahun 2017 supaya mengangkatkan dana untuk perempuan misalnya untuk kespro walapun dibawah PKK, semua untuk desa-desa kita supaya membuat usulan kebutuhan perempuan. Yang memperjuangkannya  dapat diwakili dari moria.

Dilanjutkan acara ke diskusi Isu Perempuan kemusrenbang desa. Dalam diskusi topik utamanya adalah bagaimana strategi untuk mencapai program, pola pengarusutamaan gender. Secara umum angka perceraian dimana mana  dapat diminimalisasi karena latar belakang budaya misalnya : kalau bercerai maka  ada rasa malu, anak-anak terlantar jadi akhirnya walapun tidak ada perceraian tetapi yang tertekan adalah istri. Kita sebagai istri (ibu rumah tangga) ketika sekolah anak-anak dekat, puskesmas dekat, pengambilan air bersih dekat maka itu adalah salah satu  mengurangi beban ganda perempuan. Jadi dalam membuat program kita harus tahu bagaimana  modalnya, keuntungannya, pengelolaanya dsb, artinya setiap program  harus dilihat apa manfaatnya. Angka kematian terjadi didesa  satu sisi mungkin karena  terlambatnya penanganan  (jalan desa rusak, angutan ke  dari desa ke kota  tidak ada).

Dalam membuat program juga harus kita lihat  bagaimana membangun jaringan baik dengan pemerintah, LSM, pendataan jumlah masyarakat misalnya jumlah laki-laki, perempuan, lansia, pemuda, remaja dan anak-anak. Dalam evaluasi kita melihat program yang dibuat tidak berhasil disebabkan oleh apa, apa yang menjadi kelemahan untuk dapat diperbaiki pada masa mendatang di dalam perencanaan. Acara ini dihadiri 143 orang yang terdiri dari 8 kelompok CU dan Staf-staf YAK.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)