berita

Oleh : Edo Bastanta

RAT CU Anggur Kuta Kana Desa Barus Jahe TB 2016/2017

YAK/PARPEM GBKP | Senin, 04 Desember 2017 - 13:39:17 WIB | dibaca: 580 pembaca

YAKGBKP-PARPEM.OR.ID Sebanyak 500 Orang peserta hadir mengikuti RAT CU Anggur Kuta Kana Desa Barus Jahe Kabupaten Karo TB 2016/2017 yang diselenggarakan pada hari Jumat, 1 Desember 2017 di Losd Rumah Julun Desa Barus Jahe. Peserta tersebut merupakan anggota biasa dan anggota luar biasa.

Pada pembukaan RAT CU Anggur Kuta Kana, Kebaktian pembuka yang dibawakan oleh Pdt. Yusuf Tarigan, S.Si. Selain dihadiri BP Runggun GBKP Barus Jahe , hadir pula Kepala Desa Barus Jahe dan Direktur Yayasan Ate Keleng GBKP beserta staf. Seperti biasanya, dalam Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2015/2016 lebih fokus membahas mengenai kredit macet, laporan pertanggungjawaban Pengurus dan laporan Pengawas, serta penyampaian program kerja Tahun Buku 2017/2018.

  

RAT merupakan forum tertinggi dalam pengambilian keputusan. Selain membahas beberapa hal diatas, Anggota diberi kesempatan untuk menyampaikan kritik terhadap hasil kinerja pengurus pada tahun 2016, selain itu peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan kritik terhadap hasil kinerja Pengurus pada Tahun 2016/2017, Selain itu Peserta juga diberi kesempatan untuk memberikan usul saran untuk perkembangan CU Anggur Kuta Kana yang lebih baik lagi.

RAT CU Anggur Kuta Kana TB 2016/2017 mengusung tema “Keluarga Sejahtera Perayakenta”. Berdasarkan Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus yang disampaikan dalam RAT TB 2016/2017, CU AKK dalam menapaki usianya yang ke 11 Tahun telah memiliki asset mencapai Rp. 3.514.096.881 dengan total Anggota 555 Orang. Asset CU AKK mengalami peningkatan Rp. 475.476.714 dari Tahun Buku Sebelumnya. Penilaian Unit Kemandirian CU YAK GBKP bahwa CU AKK adalah satu kelompok yang sudah dikategorikan mencapai level kelompok mandiri.

Laporan Pertanggung jawaban Pengurus TB 2016/2017 disetujui oleh Anggota peserta RAT dibuktikan dengan suara seluruh Anggota Peserta RAT yang menyatakan sah. Sebelumnya dibacakan juga hasil Rapat Anggota Tahunan mengenai Kredit Macet, Penambahan Program Kerja TB 2017/2018.

Pada Kredit Macet hal yang perlu diperbaiki mengenai upaya yang harus dilakukan untuk Anggota yang tidak mengangsur pinjamannya. Mengingat dasar CU AKK adalah mengasihi maka upaya yang dilakukan tetap kunjungan minimal dua kali setahun, dan minimal kewajiban seperti bunga pinjaman dan simpanan wajib harus dibayar. Anggota yang macet disarankan peserta agar tidak putus hubungan dengan CU AKK intinya harus tetap berkomunikasi dan menjaga hubungan yang baik. Penambahan pada Program Kerja mengenai Dana pendidikan sebesar Rp. 150.741.684 akan dipakai untuk Pendidikan kepada Anggota untuk menambah SDM anggota, juga untuk Usaha CU AKK, disarankan oleh Anggota peserta supaya dana pendidikan dimanfaatkan untuk pembelian traktor agar nantinya petani di Barus Jahe bisa menyewa alat ini untuk kemudahan mengolah lahan pertanian mereka. Anggota juga menyarankan agar kedepannya CU AKK memberikan penghargaan kepada Anggota yang paling disiplin menabung dan meminjam, kriterianya akan dirapatkan oleh Pengurus. Untuk Anggota yang masih duduk di sekolah Dasar sampai SMA akan diberikan penghargaan jika berprestasi. Dan saran Anggota lainnya agar setiap RAT masing-masing Anggota diberikan uang transport secukupnya. Tetapi Anggota yang lain mengatakan agar transport diberikan ketika ada pendidikan untuk Anggota saja dan hal ini yang sudah disepakati bersama oleh  Anggota Peserta.

  

Diakhir acara panitia RAT TB 2016/2017 menyiapkan acara door price berupa undian dengan hadiah utama alat pertanian Pompa Elektrik, selain itu ada Bola Lampu Otomatis, Baskom, Box penyimpanan, dan Peralatan Dapur. Pengundian dilakukan dengan cara mengambil kertas nomor yang dilipat dan dibuka. Dan nomor akan dibacakan oleh Orang yang ditunjuk untuk membuka kertas undian. Selamat kepada Anggota yang beruntung dengan membawa hadiah, semoga terus loyal dengan CU Anggur Kuta Kana dan Anggota Lebih Sejahtera.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)