berita

Rapat Anggota Tahunan (RAT) "REFORMASI" Rampah Ke-XVII

YAK/PARPEM GBKP | Selasa, 25 April 2017 - 11:12:54 WIB | dibaca: 1341 pembaca

Foto : Rea Bangun

YAKGBKP-PARPEM.OR.ID    “Reformasi” Rampah sebagai Credit Union / Organisasi Rakyat yang telah berdiri selama 18 tahun, kembali melaksanakan Rapat Anggota Tahunan. RAT yang dihadiri oleh  Anggota, Runggun Gereja, Pemerintah setempat, dan  Motivator Yayasan Ate Keleng GBKP ini dilaksanakan di Jambur Desa Rampah, Senin (24/04/2017).

Laporan pengurus yang dijelaskan oleh Ketua CU “Reformasi” Ermawati Br Tarigan, menjelaskan bahwa jumlah anggota awal tahun 2016 sebanyak 307 Orang, Jumlah anggota masuk 45 orang dan Anggota keluar sampai dengan April 2017, sebanyak 5 orang. Total Jumlah anggota hingga April 2017 sebanyak 347 orang. Laporan di bidang Pendidikan, CU Reformasi menjelaskan kegiatan yang telah dilakukan dalam setahun, yakni memberikan pendidikan kepada anggota baru, menindaklanjuti kredit macet dan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh YAK GBKP. Laporan dari Panitia Kredit, menjelaskan bahwa jumlah anggota peminjam dari tahun buku Mei 2016 s/d April 2017, sebesar 158 Orang.Selanjutnya laporan keuangan sepanjang satu tahun berjalan, Asset yang dimiliki  CU “ Reformasi” mencapai Rp. 2,5 M. Selanjutnya laporan badan pengawas melaporkan sejauh mana tanggung jawab pengurus dan anggota dan mengevaluasi perjalanan penabungan dan peminjaman selama satu tahun buku. Laporan bidang sosial, melaporkan keuangan dan dana sosial yang telah dipergunakan selama setahun.

Selanjutnya program rencana kerja yang dibahas sesuai bidangnya, membahas beberapa hal. Khususnya bidang pendidikan, pengurus mengajukan rencana program kerja yang ingin dilaksanakan di tahun buku selanjutnya, beberapa diantaranya dibutuhkannya pendidikan pertanian, dan peternakan sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan pendidikan untuk pengurus CU yang dipimpin oleh Yayasan Ate Keleng / PARPEM GBKP Sukamakmur. Di bidang Organisasi rencana kerja yang ditawarkan antara lain, seluruh pengurus berkewajiban untuk melaksanakan tugas dengan posisinya. Penabungan dilaksanakan setiap minggu ke II Pukul 13.0 WIB s/d 16.00 WIB dan program selanjutnya adalah penabungan di kantor CU. 

Setelah membahas program rencana kerja, acara selanjutnya sesuai tata tertib acara adalah kata sambutan. Mewakili BP Runggun Gereja, dalam kata sambutannya, beliau menyampaikan mengenai program kerja yang sudah disepakati seharusnya dapat dilaksanakan dengan baik untuk kemajuan CU dan anggotanya.

Pemerintahan Daerah setempat juga memberikan sambutannya dan menghimbau CU untuk lebih transparan dan lebih bertanggung jawab dalam segi pembukuan dan pemeliharaan keuangan anggota.

Mewakili anggota menjelaskan bahwa sebagai anggota harus berkerja sama dalam melakukan semua kegiatan CU. Anggota juga harus berkomitmen dalam melakukan transaksi simpan pinjam dengan disiplin.

Petra Sinuraya sebagai motivator dari Yayasan Ate Keleng mengucapkan selamat bertambah usia CU ke XVIII, semakin dewasa dalam usia, semakin dewasa pula CU dalam melaksanakan kegiatan dalam mencapai tujuannya. Untuk pengurus yang akan dipilih kedepannya, Yayasan Ate Keleng juga mengharapkan “Reformasi” dapat meningkatkan transparansi keuangan setiap bulannya. 

Dalam RAT kali ini, juga dilaksanakan pemilihan kepengurusan CU “Reformasi”. Dalam pemilihan yang dilakukan langsung oleh anggota, terjadi persaingan suara yang cukup ketat dalam pemilihan ketua. Dan Berikut susunan pengurus inti yang baru CU “Reformasi” :

Ketua              : Sempana Br Tarigan

Sekretaris        : Ermawati Br Tarigan

Bendahara       : Pondang Sibarani

Pengawas        : Daniel Barus

Pengurus yang terpilih kemudian diberikan hak oleh anggota untuk memilih anggotanya dalam melengkapi kepengurusannya.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)