berita

Penduduk di Salabulan Menikmati Listrik Dengan Swadaya Melalui Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro

YAK/PARPEM GBKP | Jumat, 24 Februari 2017 - 15:50:19 WIB | dibaca: 1162 pembaca

Warga dusun mendengarkan sosialisasi Perdes dengan seksama

SUKAMAKMUR-YAKGBKP-PARPEM.OR.ID- Desa Salabulan terdiri dari tiga Dusun yaitu Dusun Pagar Aji, Dusun Laja, dan Dusun Sala Bulan. Terletak ± 15 Km dari Ibu kota Kecamatan Sibolangit dan dikelilingi tebing yang curam. Perhatian pemerintah terhadap desa ini sangat minim. Hingga saat ini masyarakat berharap adanya pembangunan infrastruktur akses jalan ke desa menuju kecamatan. Dengan infrastruktur yang baik tentunya dapat membantu perekonomian masyarakat, mereka bisa memasarkan sumber daya alam dan hasil komoditi dengan harga yang layak.

Masyarakat di ketiga dusun ini belum menikmati listrik yang dikelola oleh Negara. Meski demikian masyarakat desa ini memiliki sumber energi listrik yang dibangun dengan swadaya sendiri bekerjasama dengan Yayasan Ate Keleng yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Pembangkit listrik di desa ini sudah berlangsung sejak tahun 1984 dengan kapasitas/daya 2KWatt dan pada saat ini kapasitas/daya sudah menjadi 18 KWatt yang dimanfaatkan tiga dusun dengan jumlah penduduk 106 Kepala Keluarga .

Dengan adanya energi listrik di desa ini, masyarakat sudah bisa menikmati penerangan dimalam hari. Anak-anak tidak terhambat untuk belajar pada malam hari. Bahkan masyarakat di desa ini tidak merasakan pemadaman listrik bergilir seperti para pengguna listrik milik Negara.


Panel Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro Power Di Dusun Laja 

Untuk menjaga keberlanjutan PLTMH, sistem pengelolaannya sudah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang disepakati secara muasyawarah dan mufakat bersama dengan masyarakat.

1. Pemasangan Baru dikenakan Biaya Rp. 1.000.000, dan Khusus Dusun Pagar Aji ditambah Rp. 100.000, sebagai bantuan gotong royong pengadaan PLTMH yang awalnya di dusun Laja. Rincian dari pemasangan baru Rp. 1.000.000 adalah sebagai berikut :

a. Pengadaan Alat-alat Listrik Rp.     500. 000

b. Sumbangan ke KAS PLTMH Rp.     500. 000   +

Rp. 1.000.000

2. Rekening yang akan dibayar setiap Bulannya adalah sebagai berikut :

a. Lampu Rumah sebesar Rp.15.000

b. Lampu Rumah+Alat Elektronik sebesar Rp.20.000

3. Seluruh rumah yang dipasang daya listrik PLTMH sebesar 2 Ampere, jadi sebanyak apapun alat elektronik, maka dicukupkan daya sebesar 2 Ampere/ 450 Watt.

4. Pengoperasian PLTMH adalah listrik setiap hari hidup, yaitu Pukul 17.00 Wib sampai Pukul 08.00 Wib, kecuali Hari Minggu, Hari Libur, Hari Penabungan CU, serta Kepentingan Desa 24 Jam.

5. Jasa Kepengurusan PLTMH :

a. Operator Rp.350.000 untuk dua orang/ Bulan

b. Bendahara Rp.150.000 untuk dua orang/ Bulan

6. Kepengurusan :

Ketua : Abdi Bukit (Penduduk Dusun Laja)

Bendahara : - Riko Ginting (Penduduk Dusun Laja)

- Kristian Bukit (Penduduk Pagar Aji)

Operator - Abdi Bukit (Penduduk Dusun Laja)

- Wono (Penduduk Pagar Aji)

 

Selain sistem pengelolaan juga sudah ada Peraturan Desa (PERDES) yang mengatur tentang Pelestarian Lingkungan Alam di Desa Sala Bulan khususnya dusun Pagar Aji dan Laja. Hal ini dalam rangka mewujudkan lingkungan alam yang lestari sehingga menjaga keberlanjutan PLTMH itu sendiri. Pemerintahan Desa juga sudah merencanakan akan membuat PLTMH ini menjadi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) sebagai sumber PADes (Pendapatan Asli Desa) Sala Bulan. Pemerintahan Desa dan masyarakat masih tetap mengharapkan kerjasama dengan YAK GBKP untuk mewujudkan keberlangsungan PLTMH tersebut dimasa yang akan datang.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)