berita

Pelatihan Pemanfaatan Media Untuk Advokasi

YAK/PARPEM GBKP | Senin, 09 Oktober 2017 - 10:39:16 WIB | dibaca: 52 pembaca

YAKGBKP-PARPEM.OR.ID Pelayanan Komunikasi Masyarakat PGI (YAKOMA PGI) melaksanakan pelatihan pemanfaatan Media Untuk Advokasi, Surabaya (2-4/10). Pelatihan ini membahas bagaimana mengindentifikasi permasalahan sosial dan bagaimana memanfaatkan media (mainstream maupun media sosial) untuk semakin menguatkan penyuaraan advokasi di tengah masyarkat. Selain itu, pelatihan ini  juga  bertujuan untuk menangkal maraknya beberapa penggunaan media yang tidak berimbang yang saat ini berpotensi menimbulkan konflik horizontal di kalangan masyarakat. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Gereja, Sinode PGIW dan Pokja YAKOMA PGI  yang meliputi wilayah Sumatera, Jawa dan Maluku Utara.

Kegiatan dalam tiga hari yang dibawakan oleh Tantowi Anwari dari SeJuK (Serikat Jurnalis untuk Keberagaman), Irma Simanjuntak (YAKOMA PGI) dan Jamson  menjelaskan maraknya intoleransi dan isu politik dan SARA yang dimuat dalam berbagai jenis media. Tentunya dapat dirasakan hingga saat ini masih banyak media yang tidak berimbang dan berpihak pada oknum oknum anti demokrasi, intoleransi dan diskriminasi SARA yang ingin memecah belah persatuan demi kepentingan sendiri maupun kelompoknya. Hal ini menimbulkan semakin banyak korban persekusi yang mendapat tekanan dari masyarakat yang telah terhasut berita berita palsu yang tidak mengandung kebenaran.

Saat ini  beberapa gereja  telah memanfaatkan media dalam pelayanannya, namun pemanfaatan media ini masih jauh dari kata optimal. Banyak informasi yang seharusnya dapat menjadi perhatian publik, terhambat karena rendahnya pengetahuan mengolah dan mendistribusikan informasi melalui media. 

Untuk itulah perlu adanya peningkatan kesadaran dan peningkatan skill mengolah informasi baik itu lembaga pelayanan Kristen maupun lembaga organisasi masyarakat untuk semakin melihat permasahan sosial sehingga mampu memanfaatkan media untuk mendistribusikan infomasi ke publik dan tentunya tanpa memiliki unsur negatif didalamnya.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)