berita

PELATIHAN MANAJEMEN CU DAN PENYEPAKATAN SOP CU ANTARA LEMBAGA DENGAN KELOMPOK DAMPINGAN YAK

YAK/PARPEM GBKP | Selasa, 31 Januari 2017 - 16:26:19 WIB | dibaca: 1099 pembaca

YAKGBKP-PARPEM.OR.ID- Yayasan Ate Keleng (YAK) mengadakan pelatihan Manajemen Credit Union, Jumat 27 Januari 2017, Pkl. 09.00-17.00 WIB, di Retreat Center Komplek Taman Jubelium 100 Tahun GBKP Suka Makmur. Pelatihan ini terbuka untuk semua kelompok dampingan YAK, rangkaian acara ini sekaligus menyepakati bersama SOP yang telah disusun berdasarkan hasil dari monitoring di lapangan. Peserta yang hadir berhak menyampaikan kritik dan saran demi menyempurnakan SOP tersebut. Kemandirian dan penyeragamkan manajemen CU adalah tujuan YAK mengadakan pelatihan manajemen  untuk kelompok-kelompok dampingan.

Semua sendi-sendi di tubuh kita bertanggung jawab menopang organ-organnya agar berfungsi secara maksimal, begitu juga dengan perangkat-perangkat yang ada di organisasi harus ikut bertanggung jawab menjaga keutuhan organisasi itu agar menjadi organisasi yang sehat. Manajemen berkaitan dengan kepemimpinan karena manajemen adalah pengelola yang mengatur segalanya di organisasi. Jika administrasi didalam CU bagus maka manajemennya juga pasti akan menjadi titik terang di Organisasi itu. Organisasi CU yang baik harus berlandaskan Tuhan, oleh karena itu kita harus memiliki keyakinan bahwa CU ini berada didalam tangan Tuhan karena CU kelompok dampingan Yayasan Ate Keleng adalah bagian dari Tuhan Yesus Kristus. Mari kita tunjukkan kebersamaan kita, kedewasaan kita untuk meningkatkan kepercayaan kita kepada Tuhan kita Yesus Kristus isi dari khotbah Pdt. Simon Tarigan, S.Th sebagai Ketua YAK GBKP pada saat membuka acara Pelatihan Manajemen untuk pengurus CU.

Dilanjutkan dengan Seminar Konflik dan Kepemimpinan oleh Pdt. Sinar Rehaganta Barus, M.Th. Konflik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari hidup manusia begitu pula Gereja setiap organisasi, karena itu kita harus mengendalikannya menjadi kebaikan bagi semua tutur Pdt. Sinar Rehaganta Barus, M.Th dalam seminarnya.

Setelah selesai makan siang bersama acara dilanjutkan Seminar Marketing Digital dari HAGATECH oleh Bapak Sitepu. Dari pemaparan Narasumber, Dunia digital sangat efektif dan murah karena dengan memasarkan produk hanya secara cuma-cuma dan sangat mudah. Organisasi yang tidak Go Digital maka 4 tahun kedepan akan mati karena saat ini rata-rata sudah melakukan pemasaran online sehingga masyarakat lebih memilih proses yang mudah untuk mencari kebutuhan dan keinginan melalui online. Organisasi Digital memiliki potensi yang sangat besar untuk meraih keuntungan karena dunia digital sangat efektif. Pengusaha Digital yang sukses harus membangun komunikasi yang baik dan sering berbagi di sosial media agar apa yang ditawarkan lebih cepat dikenal karena semakin banyak yang mengunjungi website atau blog maka akan semakin mudah dikenal dan dicari di internet ujar Bapak Sitepu.

Selanjutnya sesi menyepakati bersama SOP CU antara lembaga dengan kelompok dampingan Yayasan Ate Keleng. Banyak saran dan kritik yang diberikan oleh peserta yang hadir dan itu menjadi suatu hal yang baik artinya kelompok dampingan sangat peduli untuk perkembangan CU. Adapun SOP yang telah disepakati bersama isinya sebagai berikut :

1.   Setiap bulan tutup buku sampai neraca dan statistik minimal neraca bulan lalu. Di buat rangkap tiga. Satu Untuk arsip CU, Dua di tempelkan di kantor CU, Tiga Untuk YAK GBKP. Ditandatangani Ketua, Bendahara/ juru buku dan Pengawas

2.   Tidak ada staf yang membawa uang dari kelompok

3.   Memastikan Kas maksimal di bendahara kelompok lima juta rupiah

4.   Penyeragaman administrasi CU

5.   Rotasi pendamping tiga tahun sekali

6.   Priodesasi pengurus  maksimal empat periode (12 thn) terhitung januari 2017

7.   Pendampingan kelompok  minimal empat kali setahun

 

 

PEMBAGIAN JASA PENGURUS

Model 

  Klp1  Klp2  Klp3  Klp4 
Ketua :  11  13  15   
Wakil Ketua :  9,28  11  10  40% 
 Sekretaris : 11  13  15   
 Bendahara : 13  13  15   
 Anggota 1 : 9,28  10  10   
 Anggota 2 : 9,28  10  10   
 Anggota 3 : 9,28  10  10   
 Badan Pengawas : 20%  15%  30%   
 Ketua : 9,28       
 Sekretaris : 9,28       
 Anggota : 9,28     

 


Pembagian jasa pengurus dan pengawas di sesuaikan kebutuhan kelompok masing-masing.
 
 
Terima kasih untuk kelompok dampingan CU yang telah mau belajar bersama, RAT adalah kesepakatan, kesepakatan adalah hal yang berharga jadi apa yang telah kita sepakati tadi agar tetap kita sepakati dan kita jalankan. Ketika kita berbicara online maka website YAK bisa kita manfaatkan untuk pemasaran online, begitu juga untuk profil-profil CU untuk lebih dapat dikenal banyak orang, Tuhan yang memberkati ungkap Pdt. Simon Tarigan, S.Th seraya menutup acara.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)