Artikel

Menjual Online Produk Desa Hasil Pertanian ? Begini salah satu Caranya

YAK/PARPEM GBKP | Kamis, 16 Maret 2017 - 14:39:19 WIB | dibaca: 506 pembaca

Petani Jagung sedang menjemur Jagungnya

Siapa bilang petani di desa terpencil tidak bisa menjual produk desa ke luar daerah melalui internet. Siapa bilang pula bahwa transaksi online hanya berlaku bagi produk seperti kerajinan dan fesyen saja? Kini, anda bahkan bisa menawarkan jagung yang baru akan Anda panen sebulan lagi melalui toko di dunia maya ini. Mau tahu caranya ?


Bukalah www.usahadesa.com dan ikuti prosedur pendaftaran sebagai penjual. Jangan kawatir, website ini sudah dirancang agar semua orang bisa dengan mudah mengisi setiap kotak dalam form pendafataran dengan memberikan panduan pengisian form pendafataran, konten dan sebagainya. Di sana bakal Anda temukan fitur Pre Order, artinya produk desa yang anda jual baru bisa tersedia pada kurun waktu tertentu yang sudah Anda prediksi-kan. Misalnya, satu bulan lagi karena panennya baru terjadi satu bulan misalnya. Kualitas produk, volume dan harga-nya harus Anda tuliskan sekalian di kolom yang tersedia.

 

Informasi yang Anda tuliskan tadi oleh Usaha desa bakal disebarkan ke seluruh jaringan pembeli yang telah dimilikinya. Para calon pembeli yang membutuhkan komoditas itu lalu bakal memberikan konfirmasi dan menyatakan tertarik. Cara ini bakal menciptakan system transaksi yang tak perlu lagi melalui jaringan tengkulak (pedagang perantara) yang selama ini menetapkan harga tak adil bagi para petani.

 

Sebaliknya, jika Anda membutuhkan komoditas hasil pertanian tertentu, Anda bisa menuliskan pesanan permintaan produk itu pada kolom yang tersedia. Produk yang anda cari itu lantas akan diinformasikan oleh usahadesa.com.

 

Pada seluruh jaringan UKM, pedagang dan sebagainya yang sudah menjadi anggota komunitas usahadesa.com. Maka, kini Anda tidak perlu harus pusing menghadapi para makelar yang selama ini membuat sebuah komoditi menjadi mahal tetapi petaninya tetap miskin. Fasilitas ini disediakan www.usahadesa.com sebagai cara membantu masyarakat terutama petani-petani di pedesaan agar bisa menjual produk desa mereka dengan harga yang lebih baik dibanding menjual pada tengkulak. Soalnya, melalui usahadesa.com akan memperpendek jalur distribusi. Dengan cara ini maka si petani bakal bisa mendapatkan harga yang rasional dan menguntungkan sekaligus si pembeli tidak akan termakan harga yang terlalu mahal bagi sebuah produk karena langsung menerima dari petani.

 

Usahadesa.com adalah perusahaan yang sejak awal menyediakan diri sebagai gerbang penjualan produk-produk desa dan UKM yang selama ini hanya berkutat pada dasar sekitar desa mereka saja. Maka kini orang-orang di desa, dengan produk desanya, telah memiliki saluran penjualan online yang membuat mereka bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik. Usahadesa.com ingin agar produk desa dan berbagai produk yang diciptakan UKM memiliki saluran untuk bisa unjuk gigi di dunia tidak terbatas. Ini adalah Ini adalah jalan tol baru bagi petani untuk mendapatkan peningkatan pendapatan karena bakal mencapai harga yang lebih baik dari yang selama ini mereka dapatkan. Bagaimana kalau si petani Gaptek?


Jangan kawatir pula, para petani yang seharian sibuk di sawah itu tidak perlu memelototi Handphone mereka demi menunggu respon pembeli. Juga tidak masalah bahkan jika si petani sama sekali tidak paham internet. Soalnya, seluruh proses transaksi akan dibantu anak-anak muda yang akan berfungsi sebagai reseller produk-produk desa. Anak-anak muda inilah yang akan membantu para petani dan UKM di pedesaan melakukan transaksi online. Kami menyebut anak-anak muda kreatif itu sebagai Desapreneur, orang yang memiliki kemampuan membaca potensi produk di suatu wilayah desa, dengan membuat kesepakatan harga dengan pemilik produk dan menjalankan transaksi online. Jadi, para petani tetap bisa menjalankan pekerjaan hariannya di sawah dengan lega.(Berdesa /adji)

 

Sumber : http://www.berdesa.com/begini-cara-menjual-online-produk-desa-hasil-pertanian/

Foto: www.4.bp.blogspot.com










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)