berita

Memandirikan Pengurus Dengan Memberikan Pelatihan Pembukuan Untuk Pengurus CU Kelompok Dampingan YAK

YAK/PARPEM GBKP | Senin, 30 Januari 2017 - 21:25:48 WIB | dibaca: 780 pembaca

YAKGBKP-PARPEM.OR.ID-Yayasan Ate Keleng (YAK) mengadakan pelatihan pembukuan untuk pengurus Credit Union (CU) kelompok dampingan. Pelatihan ini membahas pola kebijakan CU, membuat pembukuan bulanan secara komputerisasi dan menyusun laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Pelatihan pembukuan ini di adakan selama tiga hari mulai tanggal 24 Januari 2017 sampai dengan 26 Januari 2017 di Aula Training Center Suka Makmur. Guna Pelatihan ini yakni untuk memandirikan pengurus dalam hal pembukuan, menyusun laporan RAT, dan membuat laporan neraca bulanan menggunakan komputerisasi.

Yang menjadi pokok adalah hati-hati dan pintar dari pengalaman yang kita hadapi. Situasi jaman sekarang sering kali kita kurang memanfaatkan waktu dalam segala hal. Umumnya kita manusia suka untuk mendapatkan ilmu, karena dari ilmu kita bisa terampil, banyak orang yang mau mendapatkan ilmu tetapi kurang tau cara untuk mendapatkannya. Belajar supaya mendapatkan ilmu supaya bisa disegani oleh orang lain, maka jadilah orang pintar dalam hal positif bukan yang lain, karena jaman sekarang banyak orang suka pintar menipu terhadap sesama. Saya rasa pengurus yang hadir sekarang ini jangan seperti orang yang tidak berpengetahuan. Menjadi orang pintar selalu berfikir untuk mencari hal-hal yang baru untuk dapat dikembangkan tutur Pdt. Simon Tarigan, S.Th dalam isi khotbahnya membuka Pelatihan Pembukuan Kelompok dampingan YAK.

Abdi Tarigan selaku narasumber mengungkapkan kemandirian pengurus CU sangat penting walaupun disamping itu staf PL dari Yayasan Ate Keleng tetap mendampingi. Oleh karena itu pengurus dituntut untuk menguasai pembukuan baik secara manual dan komputerisasi. Dasar dari pembukuan komputerisasi ini adalah pembukuan maual yang dilakukan oleh pengurus CU selama  ini, perbedaannya sistem komputerisasi lebih mudah dan cepat dalam menginput data anggota dengan cara mengetik ke dalam semi aplikasi dan perhitungannya sudah secara otomatis. Sistem semi aplikasi CU ini akan mempermudah pekerjaan pengurus untuk membukukan transaksi bulanan karena data yang di input sudah secara otomatis terakumulasi.

Peserta yang hadir terdiri dari 33 orang dari berbagai kabupaten. Narasumber mendorong peserta yang hadir agar benar-benar serius untuk memahami pembukuan Credit Union baik manual dan komputerisasi, mampu menyusun laporan RAT sendiri.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)