berita

Kondisi Daerah Dampak Banjir Bandang Aceh Tenggara

YAK/PARPEM GBKP | Selasa, 18 April 2017 - 14:04:18 WIB | dibaca: 910 pembaca

Foto : Eben Manik

YAKGBKP-PARPEM.OR.ID Banjir bandang menghantam 11 Desa di  dua Kecamatan, Kabupaten Aceh Tenggara. Informasi dari korban yang didapat Staff YAK di lokasi kejadian, korban menjelaskan bahwa kejadian terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, Selasa (11/04/2017). Korban mengaku mendengar suara gemuruh dari atas bukit dan saat itu hujan memang sedang turun. Awalnya warga mengira suara gemuruh berasal dari petir, namun kemudian warga curiga karena tidak adanya berkas cahaya. Warga kemudian tersadar bahwa adanya bencana banjir bandang, sehingga warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. 

Dari informasi yang sementara, ada sebanyak 426 Kepala Keluarga yang menjadi korban dan 2 Korban jiwa dari peristiwa ini. Baik data korban, kerusakan dan kerugian hingga saat ini masih terus dilakukan pendataan oleh pihak terkait untuk keakuratan informasi.

Penyebab banjir diperkirakan terjadi karena adanya alih fungsi lahan dan sistem pertanian. Hal ini didasarkan pada banyaknya potongan kayu yang terbawa oleh banjir bandang. Potongan kayu ini dicurigai karena tingkat illegal logging yang semakin meningkat. Potongan kayu ini juga menyebabkan perubahan arah banjir. Kayu yang terbawa menyumbat arah aliran air sehingga wilayah terdampak banjir semakin luas.

Yayasan Ate Keleng yang diwakili 2 staff, Eben Manik dan Altanta Tarigan juga ikut berpartisipasi dalam membantu korban banjir bandang. YAK memberikan bantuan kebutuhan pokok berupa sayuran , gula dan kebutuhan yang lainnya. Hingga saat ini bantuan masih sangat  perlu  dirasakan korban, khusunya bantuan air bersih dan bumbu makanan.

Saat ini warga mengungsi ke tempat pengungsian yang didirikan oleh BPBD Aceh Tenggara dengan pihak terkait. Untuk dapur umum, dirasakan masih belum memadai dan belum menjangkau daerah yang terdampak. Pasokan makanan dan kebutuhan pangan dan sandang juga masih sangat minim. Diharapkan nantinya semakin banyak uluran tangan dan solidaritas yang datang membantu korban banjir bandang Aceh Tenggara . 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)