Artikel

Oleh : Eben Eser Ginting

Hemat Energi Dimulai dari Rumah Tangga

YAK/PARPEM GBKP | Selasa, 07 Maret 2017 - 14:27:47 WIB | dibaca: 677 pembaca

Tabel Penggunaan Daya Bola Lampu

Upaya untuk meningkatkan ekonomi di rumah tangga dapat dilakukan dengan cara penghematan. Salah satu penghematan yang dapat dilakukan adalah hemat energi.

Hemat energi tujuannya bukan hanya untuk menghemat pengeluaran di rumah tangga tangga saja. Dengan menghemat energi kita telah berperan dalam menjaga kelestarian bumi tempat kita dan anak cucu kita hidup.

Dalam hal menghemat energi yang dapat kita lakukan adalah penghematan penggunaan listrik. Mengapa kita harus menghemat penggunaan listrik ?. Listrik yang disuplai ke rumah tangga kita sebagian besar berasal dari Pembangkit tenaga listrik yang bahan bakarnya berasal dari sumber sumber energi yang terbatas ketersediaannya di bumi. Misalnya Batu bara atau Bahan Bakar Minyak  yang berasal dari Fossil yaitu hasil pembusukan  bahan bahan organik yang berumur jutaan tahun lalu.

Sumber energi pembangkit tenaga listrik dari fossil selain terbatas ketersediaannya  juga menghasilkan gas karbondioksida dari hasil pembakarannya. Gas yang dihasilkan inilah yang menimbulkan polusi yang membentuk efek gas rumah kaca yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Pemanasan global inilah yang saat ini penyebab terjadinya perubahan iklim yang berdampak kepada kerugian kepada mahluk hidup di bumi ini termasuk manusia.  Pemanasan global menyebabkan es mencair di daerah kutub yang menyebabkan naiknya permukaan air laut, menyebabkan cuaca yang tidak menentu dihampir semua wilayah (negara) yang menimbulkan bencana banjir, badai, tanah longsor kekeringan dan lain lain.

Lalu langkah langkah apa yang dapat kita lakukan dalam penghematan Listrik?

 

Kita dapat  menghemat  energi listrik  dimulai dari rumah tangga kita masing masing dengan upaya

sebagai berikut :

 

1. Merencanakan Pembangunan Rumah yang Hemat Energi :

- Merencanakan pencahayaan dan ventilasi yang baik untuk mengurangi pemakaian lampu dan ac/kipas angin.

- Memilih bahan atap dan bentuk atap agar dapat menahan panas pada siang hari dan menahan dingin pada malam hari.

- Memilih tempat / lokasi rumah yang ramah lingkungan.- Memilih warna cat interior rumah yang cerah tidak menyerap cahaya lampu.

2. Menghemat penggunaan listrik rumah tangga dengan cara :

Menggunakan lampu penerangan seperlunya.Ini dapat dilakukan dengan menempatkan lampu dan  sakelarnya di berbagai tempat sesuai kebutuhan. Kita hanya menggunakan lampu dimana kita berada  dengan mematikan lampu yang tidak diperlukan.

Mencabut stekker / colokan alat alat listrik yang sedang  tidak digunakan. Dalam hal ini peralatan listrik adalah   dalam keadaan stand by jadi  tetap menggunakan daya listrik walaupun relatif kecil.

- Menggunakan sakelar otomatis / sakelar cahaya untuk lampu penerangan diluar rumah

- Menggunakan timer dalam menonton tv jika takut ketiduran.

3. Mengganti bola lampu menjadi lampu yang hemat energi :

Saat ini lampu yang paling hemat energi adalah LED. Menggunakan lampu LED akan dapat  menghemat pemakaian energi lebih  dari 50 %  dibandingkan dengan lampu hemat energi jenis CFL. Pada bola lampu yang boros sebagian   energi listrik  diubah menjadi energi  panas .Dalam penggunaan  bola lampu  yang diperlukan adalah cahayanya bukan panasnya.

4. Menggunakan lemari pendingin /kulkas dengan bijaksana :

- Memilih kapasitas kulkas  sesuai dengan kebutuhan

- Tidak memasukkan bahan bahan yang masih panas kedalam kulkas  yang membutuhkan energi listrik yang lebih besar untuk mendinginkannya

- Tempatkan  kulkas jauh dari sumber sumber panas   yaitu sinar  matahari atau kompor.

- Tidak membuka  kulkas terlalu lama yang menyebabkan suhu didalam kulkas meningkat

- Menempatkan kulkas tidak terlalu rapat ke dinding sehingga cukup ruang untuk pendinginan kondensor

- Memastikan pengatur suhu  sesuai dengan kebutuhan

- Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat. 

5. Menghemat pemakaian Air

  

Tutup  keran jika bak penuh 

- Perbaiki kebocoran pada pipa.

- Gunakan bak penampungan  yang tinggi/water leading.

- Gunakan level switch pada pemakaian pompa.

6. Pemakaian mesin cuci

- Gunakan mesin cuci sesuai kapasitasnya, kapasitas berlebihan akan menghambat kerja mesin sehingga membutuhkan energi lebih besar sedangkan kapasitas terlalu sedikit penggunaannya  tidak efisien karena daya listrik yang digunakan tetap sama.

- Jika hari cerah /panas tidak usah gunakan pengering cukup dijemur saja.

Untuk upaya  penghematan  masih banyak langkah langkah yang dapat kita lakukan.Komitmen kita untuk segera melakukannya adalah menjadi penting karena sesungguhnya hal ini cukup sederhana  dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan . Peran kita dalam mempertahankan kelestarian bumi kita ini juga sangat dibutuhkan. Ini adalah sebuah amanah dan tanggung jawab dari Sang Pencipta atas berkat dan rahmat yang telah diberikanNya kepada kita.Selamat melakukan penghematan demi menambah kesejahteraan kita dan Salam Bumi Lestari Selamanya.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)